Best Blogger Template

jenis-jenis gazebo

pernahkah Anda merasakan pemandangan indah dari balik jendela rumah? Perasaan itu dapat kita munculkan lagi pada bangunan terbuka yang ada di halaman rumah. Kita tak lagi mengintip keindahan halaman dari lubang jendela, namun kita dapat optimal memandang seluruh taman tanpa terhalang.

Bangunan terbuka yang berdiri semi permanen itu salah satunya adalah gazebo. Variasi sebutan lain mirip dengan saung dan pavilion mini untuk taman. Gazebo memiliki peran tambahan sebagai tempat alternatif di luar rumah. Pada zaman dahulu, bahkan fungsinya adalah sebagai tempat istirahat para bangsawan yang berjalan-jalan menikmati keindahan taman istana nan luas.
Jenis Gazebo
  • Natural . Gaya natural terbentuk dari bahan kayu atau batu ekspos. Model gazebo ini paling banyak dipilih. Bahan yang digunakan bisa juga dari beton yang dicor dan mendapat finishing menyerupai batang kayu.
  • Etnik . Biasanya terbuat dari bahan kayu atau bambu. Bentuknya mengadaptasi bangunan etnik tertentu. Misalnya, bentuk joglo dengan ornamen mahkota pada wuwungan dan motif ukiran pada tiang. Jenis ini banyak dijual dalam bentuk siap pasang. Pihak penjual tinggal merakit sesuai model dan ukuran yang kita inginkan.
  • Country . Identik dengan penggunaan batu alam atau bata ekspos. Bedanya, jenis ini bergaris tegas. Tiangnya dapat dari kayu dengan finishing natural atau tiang beton dengan finishing batu alam. Walaupun warnanya dominan natural (kayu, terakota), kadang ada sentuhan bahan artifisial seperti keramik dan besi.
  • Modern . Sudah tidak didominasi warna natural maupun finishing bahan natural seperti kayu dan batu alam. Biasanya menggunakan material bata, beton dan kayu yang dicat. Bentuknya juga sangat beragam dan tidak melulu seperti gazebo yang biasa ditemui.
  • Industrial . Didominasi bahan metal, besi, dan alumunium yang berwarna logam. Jenis ini memang jarang dijumpai di taman rumah karena lebih cocok untuk tempat umum seperti di perkantoran atau tempat wisata.
  • Klasik . Biasanya dihiasi dengan tiang berornamen, seperti pilar. Dengan atap lengkung yang anggun dan bernuansa putih sangat cocok apabila disandingkan dengan rumah bergaya klasik
    .

Leave a Reply