Best Blogger Template

Seakan Mengapung di Air

Gazebo yang berada di atas kolam ikan ini terlihat ringan dan mengapung. Kesan ini muncul karena posisi lantai yang berada tepat di atas air.
Gazebo ini berada di halaman samping bangunan rumah. Tepatnya di salah satu sudut kolam ikan yang berada di bagian tengah halaman samping. Peletakan itu dimaksudkan agar kolam tidak berkesan sempit dan penuh. Ukuran kolam adalah 7,4mx4,4m dengan kedalaman 80cm. Ukuran kolam yang tidak terlalu panjang menjadi alasan mengapa gazebo tidak diposisikan di tengah kolam.
Kesan tropis muncul dengan pemilihan bentuk atap berupa limas segi empat dan aplikasi material alam. Gazebo dibuat sederhana dengan bentuk segi empat bujursangkar dan tiang pada empat sudutnya.
Hal yang menarik adalah tiang tidak dibuat dari satu balok kayu utuh. Ia dibuat dari dua buah balok kayu yang dipasang berjarak 2,5cm satu sama lain. Tidak saling menempel. Tiang ini memperkuat kesan ringan bangunan gazebo.
Bahan kayu juga mengesankan bangunan gazebo terlihat ringan sehingga kesan mengapung di air semakin terasa. Untuk lantai dan tiang digunakan kayu bengkirai dengan finishing melamik. Kayu bengkirai memang cocok digunakan untuk outdoor. Sedangkan untuk bagian dalam atap, karena tidak langsung terkena cuaca panas dan hujan, digunakan kayu kamper yang sudah di-oven. Untuk penutup atap luar digunakan genteng tipe matras berbahan rubber merk tegola, bahan atap ini sama dengan bangunan rumah sehingga tampil serasi.
Posisi gazebo yang berada di atas kolam, membuat desain gazebo perlu menggunakan pembatas (railing). Terutama bagian yang berhadapan dengan kolam ikan. Desain railing menyesuaikan dengan motif desain detail bangunan rumah, yaitu menggunakan motif oriental. Materialnya besi yang dicat hitam dengan bagian pegangan tangan (handrail) dari kayu bengkirai. Jadi ada kesinambungan antara detail bangunan rumah dengan gazebo.
Penerangan di malam hari menggunakan lampu sorot yang dipasang pada bagian sudut bawah atap. Setiap sudut pertemuan atap, dipasang satu buah lampu. Bohlam yang digunakan adalah halogen, sehingga sinar yang dihasilkan tajam dan fokus. Bentuk atap limas terekspos dengan baik di malam hari.

sumber : Ideaonline.co.id

Leave a Reply